Tips Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Sekarang ini orang yang tinggal diperkotaan dengan aktivitas yang padat sering terserang penyakit gangguan pencernaan. Sebetulnya mudah saja untuk menanggulangi persoalan in. Supaya terhindar dari penyakit maag dan juga membuat lambung agar senantiasa sehat dan tak bergejolak caranya mudah. Cukup lakukan pola tepat waktu, tepat nutrisi atau makanan, dan tepat solusi. Nah berikut ini kami bagikan tips bagaimana cara agar pencernaan selalu sehat, baik, dan lancar.tips-menjaga-pencernaan-tetap-sehat

MAKANLAH secara pelan-pelan dan perlahan. Kunyah makanan dengan baik tak perlu terburu-buru menelan makanan.

KONSUMSILAH makanan yang mengandung serat tinggi. Tambahkan serat secukupnya dalam porsi makanan Anda. Termasuk dalam hal ini gandung, kacang, dan sayuran (wortel, buncis, paprika) dan buah-buahan dengan kulitnya sebisa mungkin. Konsumsilah serat minimal 25-30 gram per hari untuk menjauhkan Anda dari sembelit, penambahan berat badan, diabetes dan masalah jantung.

KURANGI KONSUMSI DAGING. Tidak terlalu banyak memakan daging juga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

CUKUPI dan PENUHI kebutuhan cairan dalam bentuk air, jus juga sup. Cairan terbukti efektif dalam mengatasi masalah sembelit, di samping berguna dalam meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

BERJALANLAH sebentar setelah Anda makan. Hindari berbaring setelah Anda makan dan jika memungkinkan berjalanlah sebentar selama 10 menit. Hal ini akan membantu makanan dicerna dengan lebih baik, selain menghindari beberapa masalah pencernaan, seperti kembung, makanan sulit dicerna, perut begah, dan mulas.

KONSUMSI juga makanan probiotik. Makanan probiotik ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan makanan probiotik, seperti dadih (susu yang dipergunakan untuk membuat keju), idli dan yoghurt, mungkin dapat membantu ketika Anda sedang terserang diare, sindrom iritasi usus (IBS), dan penyakit radang usus (IBD). Namun, para peneliti masih bekerja untuk menentukan dampak organisme probiotik tertentu pada kondisi kesehatan.

Nah itulah dia tadi tips tentang bagaimana cara menjaga pencernaan tetap sehat. Selamat hidup sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s